ArtsAutosBooksBusinessEducationEntertainmentFamilyFashionFoodGamesGenderHealthHolidaysHomeHubPagesPersonal FinancePetsPoliticsReligionSportsTechnologyTravel

Gado-Gado Cirebon

Updated on May 21, 2013

Gado-Gado Cirebon

Resep Gado-Gado Cirebon yang enak dan nikmat

Kangkung rebus, buncis rebus, kentang rebus, tahu goreng, lontong, mie basah disiram dengan bumbu kacang kuah santan dan krupuk udang, Gado-Gado Cirebon adalah makanan favorite keluarga. Paling cocok disantap pada waktu makan siang. Membuatnya sangat mudah dan rasanya dijamin pasti uenakkk..

Resep di bawah ini adalah resep modifikasi pribadi saya, untuk menyesuaikan lidah suami yang berasal dari Bali. Untuk gado-gado ini, saya menggunakan santan, yang membuat bumbu kacangnya bukan saja harum, tapi juga rasanya lebih "pas" untuk saya.

Cara membuat Gado-Gado - How to make Gado-Gado

Bahan Sayuran:

- Kangkung

- Buncis/Kacang panjang

- Kol

- Kentang

Rebus sayuran di atas, lalu sisihkan.

Bahan lainnya:

- Tahu goreng, potong dadu

- Mie basah

- Lontong

- Krupuk (bisa krupuk aci atau udang, sesuai selera)

Bahan untuk bumbu kacang:

- 4 siung bawang putih

- 250gr selai kacang atau 250gr kacang tanah goreng

- 1/2 sdt garam (atau sesuai selera)

- 150 gr gula merah (atau sesuai selera)

- air asam jawa (asam, larutkan dgn air hangat, rendam hingga empuk asamnya & peras untuk ambil airnya) - sesuai selera

- cabe merah & cabe rawit (sesuai selera)

- santan cair

Cara membuat bumbu kacang:

1. Haluskan bawang putih, kacang tanah, jika suka pedas, cabenya boleh diulek sekalian. Tambahkan garam & gula merah, ulek lagi.

2. Tambahkan air asam jawa, ulek dgn rata.

3. Tambahkan santan cair ke bumbu, campur rata.

4. Masukkan sayur rebus, tahu goreng, mie basah, aduk rata.

Penyajian:

Sajikan bersama nasi / lontong, taburi bawang goreng dan kerupuk udang di atasnya. Easy and quick to make dan rasanya dijamin enak.. :-)

Lotek, Rujak, Gado-Gado atau Pecel?

Di seluruh penjuru Indonesia, kita pasti menjumpai warung-warung sampai restaurant2 yang menjual lotek, rujak, gado-gado dan pecel. Keempat makanan ini bumbu dasarnya sama: yaitu kacang tanah. Dan bahan utamanya juga rata-rata sama, yaitu sayur mayur yg direbus atau buah-buahan. Perbedaannya hanya di cara pembuatan & penyajiannya saja.

- Lotek -> bumbu kacangnya diulek bersama dengan sayur mayurnya, biasanya bumbu kacangnya lebih kental

- Gado-gado -> bumbu kacangnya disiram ke atas sayur mayur (jadi mirip2 pecel sayur) dan biasanya bumbu kacangnya lebih cair

- Rujak ini bisa macem2, bisa rujak sayuran asem (pake asam pembuatannya dan biasanya cuma kangkung & buncis rebus disiram bumbu asam petis yg uenakkkk), rujak bebek (buah2an di"bebek" atau di"tumbuk" pake ulekan bersama dengan garam, terasi merah, gula merah, garam dan cabe rawit - rasanya asin, manis dan pedas) atau juga rujak buah yg dimakan bersama bumbu kacang yg manis & pedas.

Sebagai orang yang besar di Cirebon, saya hanya mengenal rujak bebek, rujak asem dan gado-gado cirebon. Setiap hari minggu, saya & keluarga selalu makan di Gado-Gado Cirebon Parujakan, yang dekat ama Station Cirebon. Biasanya selain makan sama gado-gado yg kuahnya kental ini, kita juga makan soun pedasnya & krupuk mlarat dikasih cabe cair yg benar-benar sedap.

Comment

Submit a Comment

  • profile image

    blanckj 5 years ago

    It certainly looks like something I would devour! Thanks for sharing.